1. Produk life circle :
I. Perkenalan (introduction) : - Penjualan lambat
- Promosi besar
- Belum ada laba
II. Pertumbuhan (Growth) : - Laba naik
- Produk diterima di pasar
III. Kematangan (Maturity) : - Penjualan naik
- Laba naik
- Promosi naik
- Adanya diversifikasi produk
VI. Keusangan (Decline) : -Penjualan turun
- Laba turun
- Pailit
2. Produk disebut leader produk yaitu pada tahap ketiga, ketika produk tertentu telah mengalami kematangan dengan penjualan yang naik, laba naik, promosi naik dan adanya diversifikasi produk sehingga produk tersebut lebih dikenal dari produk-produk lainnya, baik dalam kualitas, kemasan maupun yang lainnya.
Contoh : Aqua, indomie, KFC
3. Karena diversifikasi produk merupakan upaya yang dilakukan pengusaha/produsen/perusahaan untuk mengusahakan atau memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya, maka diversifikasi ini dilakukan guna adalah supaya para manajer dari perusahaan diversifikasi yang telah memiliki keahlian umum yang unik, dapat digunakan untuk mengembangkan strategi multi bisnis dan meningkatkan daya saing strategis.
No comments:
Post a Comment