Monday, November 5, 2012

Karya Tulis Non Ilmiah

Karya tulis non ilmiah adalah karya tulis ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Karya tulis non ilmiah itu pun bervariasi bahan topiknya dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak di dukung fakta umum. Bahasanya mungkin kongkret atau abstrak, gaya bahasanya mungkin formal atau teknis, formal atau populer.

Perbedaan karya tulis non ilmiah dan karya tulis ilmiah:

a

Karya tulis ilmiah dapat dibedakan dengan karya tulis non ilmiah, dimana karya tulis non ilmiah sangat bersifat subjektif.

  • SIFAT KARYA NON ILMIAH
  1. Emotif merupakan refleksi dari sebuah perasaan yang terkadang melampaui kebenaran.
  2. Persuasif yaitu bersifat mempengaruhi pikiran pembaca.
  3. Deskriptif - Subjektif dalam arti tidak di dukung oleh data dan fakta.
  4. Over Claiming. Karya-karya non ilmiah ini dapat dilihat dalam bentuk karya seni seperti: cerpen, puisi, novel, komik.
  • Macam-macam Karya Tulis Ilmiah
  1. Cerpen. Sebuah bentuk naratif fiktif. Cerita pendek yang cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang.
  2. Dongeng. Suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, diakhir cerita biasanya mengandung pesan moral.
  3. Roman. Sejenis karya sastra dalam bentuk prosa atau ganjaram yang isinya melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing.
  4. Novel. Sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif, biasanya dalam bentuk cerita.
  5. Drama. Suatu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor.


No comments:

Post a Comment